BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Qias
adalah upaya manusia untuk berpikir menggunakan akal pikir untuk memahami
sesuatu yang belum di ketahui dengan menggunakan kaidah-kaidah berpikir(logika)
yang telah diterima kebenarannya. Sedangkan, Syakl itu sendiri adalah Bentuk
bangunan qiyas yang padanya diletakkan had wasath dalam muqaddamah sughra dan
muqaddamah sughra.
Dalam
bab ni akan dibahas mengenai cara berlogika menggunakan syakl qiyas untuk
mendapakan suatu kesimpulan yang benar berdasarkan dengan kaidah.
B.
RUMUSAN
MASALAH
1. Apa yang dinamakan Syakl qiyas atau
Asykalul qiyas?
2. Apa saja macam- macam dari asykal qiyas
tersebut ?
BAB
II
PEMBAHASAN
ASYKALUL
QIYAS
Secara
lughawi syakl berarti bentuk, sedangkan secara istilah syakl yaitu bentuk
bangunan qiyas yang padanya diletakkan had wasath dalam muqaddimah sughra dan
muqaddimah sughra.[1]
Syakal
Qiyas dibagi menjadi dua :
1. Syakl qias iqtirani hamli
2. Syakl qiasl iqtirani syarthi
A. Syakl qias iqtirani hamli
1. Pengertian
Syakl istiqrani hamli yaitu syakl qias
ditentukan oleh letak had ausath pada dua muqaddimah , sughra dan qubra
.Kadang-kadang ,had ausath menjadi mahmul pada kedua muqaddimah, atau menjadi
maudhu’ pada keduanya ,atau menjadi mahmul pada muqaddimah sughra dan menjadi
maudhu’ pada muqiddamah kubra, atau menjadi maudhu’ pada muqaddimah sughra dan
menjadi mahmul pada muqaddimah kubra.
Baerikut
ini tabel tentang pembagian syakl istiqrani hamli :
Syakl I
|
Syakl II
|
Syakl III
|
Syakl IV
|
Mahmul
|
Mahmul
|
Maudhu’
|
Maudhu’
|
Maudhu’
|
Mahmul
|
Maudhu’
|
Mahmul
|
2. Penjelasan
Syakl I
Had
ausath menjadi mahmul pada muqaddimah sughra dan menjadi maudhu’ pada muqadimah
kubra.
Contoh
:
Setiap
tumbuh-tumbuhan tumbuh (had ausath mahmul)
Setiap
yang tumbuh (had ausath maudhu’) butuh akan makanan
\ Setiap tumbuh-tumbuhan butuh akan
makanan
Syakl
II
Had
ausath menjadi mahmul pada muqaddimah sughra dan menjadi menjadi mahmul pada
mudqadiamah kubra.
Contoh
:
Setiap
tumbuh-tumbuhan bersfiat menetap (had ausath mahmul)
Tidak
ada satupun hean bersifat menetap ( had
ausath mahmul)
Syakl III
Had
ausath menjadi maudhu’ pada muqaddimah sughra dan menjadi maudhu’ pada
muqaddimah kubra.
Contoh
:
Setiap
penjahat (had ausath maudhu’) di tangkap
Setiap
penjahat (had ausath maudhu’) di kurung
\ Setiap yang ditangkap dikurung
Syakl IV
Had
ausath menjadi maudhu’ pada muqaddimah sugha dan menjadi mahmul pada muqaddimah
kubra.
Contoh
:
Setiap
pencuri (had ausat maudhu’) penjahat
Sebagian
yang ditangkap pencuri (had ausath mahmul)
\ Sebagian penjahat ditangkap.
B. Syakl qias iqtirani syarthi
1. Pengertian
Qias iqtirani syarthi adalah qias
yang tersusun dari dua qadhiyyah sesama syarthiah muttashillah , atau sesama
syarthiah munfashilah ataupun antara keduanya dengan hamliyah. Dengan demikian,
qias iqtirani syarthi menjadi lima rangkaian qias[2],
sebagai berikut :
1) Syarthiyah Muttashilah dengan Syarthiyah
Muttashilah
2) Syarthiyah Munfashilah dengan Syarthiyah
Munfashillah
3) Syarthiyah Muttashilah dengan Syarthiyah
Munfashilah
4) Syarthiyah Muttashilah dengan Hamliyah
5) Syarthiyah Munfashilah dengan Hamliyah
2. Penjelasan
Syarthiyah
Mutashilah dengan Syarthiyah Muttashilah
Syarthiyah Mutashilah dengan
Syarthiyah Muttashilah, adalah qias yang kedua muqaddimah nya terdiri atas
qadhiyyah syarthiyah muttashilah . Qias ini mempuyai empat syakl sebagai
berikut :
Syakl
I
Rumus
Jika B maka C
Jika C maka D
\ Jika B maka D
Contoh :
Had musytarak menjadi tali pada
muqaddimah I dan menjadi muqaddam pada muqaddimah II.
Jika semua supir mematuhi perturan lalu-lints
jalan raya ,penumpang lebih terselamatkan
Jika penumpang lebih terselamatkan
,penduduk merasa lebih tenteram
\ Jika semua supir mematuhi perturan
lalu-lintas jalan raya, penduduk merasa lebih tenteram.
Syakl
II
Rumus
Jika B maka C
Tidaklah jika D maka C
\ Tidaklah jika B maka D
Contoh
:
Had
musytarak menjadi tali pada muqaddimah I dan menjadi tali pada muqaddimah II.
Jika
benda itu emas maka ia logam
Tidaklah
jika benda itu hewan maka ia logam
\ Tidaklah jika benda itu emas,maka ia
hewan
Syakl
III
Rumus
Manakala B maka C
Manakala B maka D
\ Kadang – kadang manakal C maka D
Contoh
:
Had
musytarak menjadi muqaddam pada muqaddimah I dan menjadi muqaddam pada
muqaddimah I.
Jika
sesuatu berbentuk segi empat,maka ia merupakan bidang datar
Jika
sesuatu berbentuk segi empat maka ia mempunyai empat sudut
\ Kadang-kadang jika sesuatu merupakan
bidang datar ,maka ia mempunyai empat sudut.
Syakl IV
Rumus
Kadang-kadang,
jika B maka C
Tidak
sama sekali, jika D maka B
\ Kadang-kadang tidak, jika C maka D
Contoh
:
Had
musytarak menjadi muqaddam pada muqaddimah I dan menjadi tali pada muqaddimah
II.
Kadang-kadang,
jika sesuatu bersegi empat maka ia merupakan bidang datar
Tidak sama sekali jika sesuatu
mempunyai tiga sisi, maka ia bersegi empat
\ Kadang-kadang tidak , jika sesuatu
merupakan bidang datar,maka ia mempunyai tiga sisi.
Syarthiyah
Munfashilah dengan Syarthiyah Munfashillah
Qias
Qadhiyah Syarthiyah Munfashilah dengan Syarthiyah Munfashillah adalah qias yang
kedua muqaddimahnya terdiri atas qadhiyah syarthiyyah munfashilah . Qias ini
mempunyai satu syakl syarthiyah sebagaimana contoh berikut :
Setiap pelajar adakalanya rajin
,adakalanya tidak rajin
Setiap yang tidak rajin , adakalanya
karena malas, adakalanya karena kondisi fisiknya lemah
\ Setip pelajar adakalanya rajin ,
adakalanya malas, adakalanya kondisi fisiknya lemah.
Rumus
untuk qias diatas , yaitu :
Setiap
B adakalanya C, adakalanya D
Setiap
D adakalanya E, adakalanya F
\ Setiap B adakalanya C, adakalanya E,
adakalanya F.
Syarthiyah
Muttashilah dengan Syarthiyah Munfashilah
Qias yang terdiri atas Syarthiyah
Muttashilah dengan Syarthiyah Munfashilah, hanya mempunyai satu syakl saja .hal
ini di sebabkan oleh karena didalam qadhiyyah syarthiyah munfashillah hubungan
keterkaitan diantara muqaddam dan tali tidak teratur, bebas atau terpisah.
Contoh
Jika
dua bangsa sudah bermusuhan maka masing-masingnya akan memperkuat diri dengan
memperbanyak senjata.
Setiap
kali memperkuat diri dengan senjata , adakalanya lantas menyerang dan
adakalanya bertahan.
\ Jika dua bangsa sudah bermusuhan maka
masing-masingnya adakalanya menyerang dan adakalanya bertahan.
Rumus
Jika
B maka C
Setiap
C , adakalanya D, adakalanya E, adakalanya F.
\ Jika B maka ia adakalanya D, adakalanya
E, adakalanya F.
Syarthiyah
Muttashilah dengan Hamliyah
Qias yang muqaddimah I-nya Qaddiyah
syartiyah muttashilah dan muqaddimah II nya Qadhiyah hamliyah.Mempunyai empat
syakl , sebagai berikut :
Syakl I
Had
musytarak menjadi mahmul pada qadhiyah I dan menjadi maudhu’ pada Qadhiyah II.
Contoh
:
Jika
orang itu pencuri maka ia pasti tidak jujur.
Setiap
yang tidak jujur akan ketahuan belangnya.
\ Jika orang itu pencuri maka akan
ketahuan belang nya.
Rumus
Jika
B maka C
Setiap
C akan D
\ Jika B akan D
Syakl II
Had
musytarak menjadi mahmul pada qadhiyah I dan menjadi mahmul pada Qadhiyah II.
Contoh
:
Jika
orang itu dermawan tentu ia disenangi masyarakat
Tidak
ada orang pelit di senangi masyarakat
\ Tidak sama sekali orang dermawan itu
pelit.
Rumus
Jika
B maka C
Tidak
ada D itu C
\ Tidak sama sekali B itu D
Syakl III
Had
musytarak menjadi maudhu’ pada muqaddamah I dan menjadi maudhu’ pada muqaddimah
II.
Contoh :
Jika sesuatu itu semut maka ia adalah hewan
Jika sesuatu itu semut maka ia adalah hewan
Setiap
semut disenangi burung
\ Jika sesuatu itu semut maka ia di senangi
burung .
Rumus
Jika
B maka C
Setiap
B adalah D
\ Jika C maka D
Syakl IV
Had
musytarak menjadi maudhu’ pada muqaddimah I dan menjadi maudhu’ pada muqaddimah
II.
Contoh
:
Kadang-kadang
jika sesuatu itu roti bolu maka ia dapat dijadikan hidangan untuk tamu
Tidak
sama sekali roti bolu merupakan ikan
\ Kadang-kadang tidak sama sekali , jika
sesuatu iu dapat dijadikan hidangan untuk tamu, maka ia merupakan ikan .
Rumus
Kadang-kadang
jika B maka C.
Tidak
sama sekali B itu D
\ Kadang-kadang tidak sama sekali jika C
maka D
Syarthiyah
Munfashilah dengan Hamliyah
Qias yang muqaddimah I nya qaddiyah
syartiyah munfashillah dan muqaddimah II
qadhiyah hamliah.
Qias
ini mempunyai satu syakl saja
Contoh
:
Adakalanya
bibit yang ditanam tumbuh, adakalanya tidak.
Setiap
yang tumbuh butuh makanan
\ Bibit yang ditanam adakalanya tumbuh
,adakalanya butuh makanan.
Rumus
Adakalanya
B adakalanya C
Setiap
C akan D
\ Adakalanya B ada kalanya D
KESIMPULAN
ASYKALUL QIYAS
Secara
lughawi syakl berarti bentuk, sedangkan secara istilah syakl yaitu bentuk
bangunan qiyas yang padanya diletakkan had wasath dalam muqaddimah sughra dan
muqaddimah sughra.
Syakal
Qiyas dibagi menjadi dua :
Syakl
qias iqtirani hamli
Syakl istiqrani hamli yaitu syakl qias ditentukan
oleh letak had ausath pada dua muqaddimah , sughra dan qubra .Kadang-kadang
,had ausath menjadi mahmul pada kedua muqaddimah, atau menjadi maudhu’ pada
keduanya ,atau menjadi mahmul pada muqaddimah sughra dan menjadi maudhu’ pada
muqiddamah kubra, atau menjadi maudhu’ pada muqaddimah sughra dan menjadi
mahmul pada muqaddimah kubra.
Baerikut
ini tabel tentang pembagian syakl istiqrani hamli :
Syakl I
|
Syakl II
|
Syakl III
|
Syakl IV
|
Mahmul
|
Mahmul
|
Maudhu’
|
Maudhu’
|
Maudhu’
|
Mahmul
|
Maudhu’
|
Mahmul
|
Syakl
qias iqtirani syarthi
Qias iqtirani syarthi adalah qias
yang tersusun dari dua qadhiyyah sesama syarthiah muttashillah , atau sesama
syarthiah munfashilah ataupun antara keduanya dengan hamliyah. Dengan demikian,
qias iqtirani syarthi menjadi lima rangkaian qias, sebagai berikut :
1. Syarthiyah Muttashilah dengan Syarthiyah
Muttashilah
2. Syarthiyah Munfashilah dengan Syarthiyah
Munfashillah
3. Syarthiyah Muttashilah dengan Syarthiyah
Munfashilah
4. Syarthiyah Muttashilah dengan Hamliyah
5. Syarthiyah Munfashilah dengan Hamliyah
DAFTAR
PUSTAKA
A.K,Baihaqi.1996.Ilmu Mantik:Teknik Dasar Berpikir Logik.Darul
Ulum Press
Fathurrahman,Dian.1996. Mantik:Kaidah Berpikir Islami
.Bandung:Remaja Rosda Karya
Mustofa,Cholil
Bisri.1974.Ilmu Mantiq (Terjemahan Assulamul Munauroq). Bandung:
Alma’arif
sangat membantu
ReplyDelete