Tuesday, December 6, 2016

ilmu mantiq ASYKALUL QIYAS



BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Qias adalah upaya manusia untuk berpikir menggunakan akal pikir untuk memahami sesuatu yang belum di ketahui dengan menggunakan kaidah-kaidah berpikir(logika) yang telah diterima kebenarannya. Sedangkan, Syakl itu sendiri adalah Bentuk bangunan qiyas yang padanya diletakkan had wasath dalam muqaddamah sughra dan muqaddamah sughra.
Dalam bab ni akan dibahas mengenai cara berlogika menggunakan syakl qiyas untuk mendapakan suatu kesimpulan yang benar berdasarkan dengan kaidah.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dinamakan Syakl qiyas atau Asykalul qiyas?
2.      Apa saja macam- macam dari asykal qiyas tersebut ?












BAB II
PEMBAHASAN
ASYKALUL QIYAS
Secara lughawi syakl berarti bentuk, sedangkan secara istilah syakl yaitu bentuk bangunan qiyas yang padanya diletakkan had wasath dalam muqaddimah sughra dan muqaddimah sughra.[1]
Syakal Qiyas dibagi menjadi dua :
1.      Syakl qias iqtirani hamli
2.      Syakl qiasl iqtirani syarthi
A.    Syakl qias iqtirani hamli
1.      Pengertian
Syakl istiqrani hamli yaitu syakl qias ditentukan oleh letak had ausath pada dua muqaddimah , sughra dan qubra .Kadang-kadang ,had ausath menjadi mahmul pada kedua muqaddimah, atau menjadi maudhu’ pada keduanya ,atau menjadi mahmul pada muqaddimah sughra dan menjadi maudhu’ pada muqiddamah kubra, atau menjadi maudhu’ pada muqaddimah sughra dan menjadi mahmul pada muqaddimah kubra.
Baerikut ini tabel tentang pembagian syakl istiqrani hamli :

Syakl I
Syakl II
Syakl III
Syakl IV
Mahmul
Mahmul
Maudhu’
Maudhu’
Maudhu’
Mahmul
Maudhu’
Mahmul

2.      Penjelasan
Syakl I
Had ausath menjadi mahmul pada muqaddimah sughra dan menjadi maudhu’ pada muqadimah kubra.
Contoh :
Setiap tumbuh-tumbuhan tumbuh (had ausath mahmul)
Setiap yang tumbuh (had ausath maudhu’) butuh akan makanan
\     Setiap tumbuh-tumbuhan butuh akan makanan
Syakl II
Had ausath menjadi mahmul pada muqaddimah sughra dan menjadi menjadi mahmul pada mudqadiamah kubra.
Contoh :
Setiap tumbuh-tumbuhan bersfiat menetap (had ausath mahmul)
Tidak ada satupun hean bersifat menetap   ( had ausath mahmul)
Syakl III
Had ausath menjadi maudhu’ pada muqaddimah sughra dan menjadi maudhu’ pada muqaddimah kubra.
Contoh :
Setiap penjahat (had ausath maudhu’) di tangkap
Setiap penjahat (had ausath maudhu’) di kurung
\     Setiap yang ditangkap dikurung
Syakl IV
Had ausath menjadi maudhu’ pada muqaddimah sugha dan menjadi mahmul pada muqaddimah kubra.
Contoh :
Setiap pencuri (had ausat maudhu’) penjahat
Sebagian yang ditangkap pencuri (had ausath mahmul)
\     Sebagian penjahat ditangkap.
B.     Syakl qias iqtirani syarthi
1.      Pengertian
Qias iqtirani syarthi adalah qias yang tersusun dari dua qadhiyyah sesama syarthiah muttashillah , atau sesama syarthiah munfashilah ataupun antara keduanya dengan hamliyah. Dengan demikian, qias iqtirani syarthi menjadi lima rangkaian qias[2], sebagai berikut :
1)      Syarthiyah Muttashilah dengan Syarthiyah Muttashilah
2)      Syarthiyah Munfashilah dengan Syarthiyah Munfashillah
3)      Syarthiyah Muttashilah dengan Syarthiyah Munfashilah
4)      Syarthiyah Muttashilah dengan Hamliyah
5)      Syarthiyah Munfashilah dengan Hamliyah
2.      Penjelasan
Syarthiyah Mutashilah dengan Syarthiyah Muttashilah
Syarthiyah Mutashilah dengan Syarthiyah Muttashilah, adalah qias yang kedua muqaddimah nya terdiri atas qadhiyyah syarthiyah muttashilah . Qias ini mempuyai empat syakl sebagai berikut :
Syakl I
Rumus
Jika B maka C
Jika C maka D
\     Jika B maka D
Contoh :
Had musytarak menjadi tali pada muqaddimah I dan menjadi muqaddam pada muqaddimah II.
Jika semua supir mematuhi perturan lalu-lints jalan raya ,penumpang lebih terselamatkan
Jika penumpang lebih terselamatkan ,penduduk merasa lebih tenteram
\ Jika semua supir mematuhi perturan lalu-lintas jalan raya, penduduk merasa lebih tenteram.
Syakl II
Rumus
Jika B maka C
Tidaklah jika D maka C
\     Tidaklah jika B maka D
Contoh :
Had musytarak menjadi tali pada muqaddimah I dan menjadi tali pada muqaddimah II.
Jika benda itu emas maka ia logam
Tidaklah jika benda itu hewan maka ia logam
\     Tidaklah jika benda itu emas,maka ia hewan
Syakl III
Rumus
Manakala B maka C
Manakala B maka D
\     Kadang – kadang manakal C maka D
Contoh :
Had musytarak menjadi muqaddam pada muqaddimah I dan menjadi muqaddam pada muqaddimah I.
Jika sesuatu berbentuk segi empat,maka ia merupakan bidang datar
Jika sesuatu berbentuk segi empat maka ia mempunyai empat sudut
\     Kadang-kadang jika sesuatu merupakan bidang datar ,maka ia mempunyai empat sudut.
Syakl IV
Rumus
Kadang-kadang, jika B maka C
Tidak sama sekali, jika D maka B
\     Kadang-kadang tidak, jika C maka D
Contoh :
Had musytarak menjadi muqaddam pada muqaddimah I dan menjadi tali pada muqaddimah II.
Kadang-kadang, jika sesuatu bersegi empat maka ia merupakan bidang datar
Tidak sama sekali jika sesuatu mempunyai tiga sisi, maka ia bersegi empat
\     Kadang-kadang tidak , jika sesuatu merupakan bidang datar,maka ia mempunyai tiga sisi.
Syarthiyah Munfashilah dengan Syarthiyah Munfashillah
      Qias Qadhiyah Syarthiyah Munfashilah dengan Syarthiyah Munfashillah adalah qias yang kedua muqaddimahnya terdiri atas qadhiyah syarthiyyah munfashilah . Qias ini mempunyai satu syakl syarthiyah sebagaimana contoh berikut :
Setiap pelajar adakalanya rajin ,adakalanya tidak rajin
Setiap yang tidak rajin , adakalanya karena malas, adakalanya karena kondisi fisiknya lemah
\     Setip pelajar adakalanya rajin , adakalanya malas, adakalanya kondisi fisiknya lemah.
Rumus untuk qias diatas , yaitu :
Setiap B adakalanya C, adakalanya D
Setiap D adakalanya E, adakalanya F
\     Setiap B adakalanya C, adakalanya E, adakalanya F.
Syarthiyah Muttashilah dengan Syarthiyah Munfashilah
Qias yang terdiri atas Syarthiyah Muttashilah dengan Syarthiyah Munfashilah, hanya mempunyai satu syakl saja .hal ini di sebabkan oleh karena didalam qadhiyyah syarthiyah munfashillah hubungan keterkaitan diantara muqaddam dan tali tidak teratur, bebas atau terpisah.
Contoh
Jika dua bangsa sudah bermusuhan maka masing-masingnya akan memperkuat diri dengan memperbanyak senjata.
Setiap kali memperkuat diri dengan senjata , adakalanya lantas menyerang dan adakalanya bertahan.
\     Jika dua bangsa sudah bermusuhan maka masing-masingnya adakalanya menyerang dan adakalanya bertahan.
Rumus
Jika B maka C
Setiap C , adakalanya D, adakalanya E, adakalanya F.
\     Jika B maka ia adakalanya D, adakalanya E, adakalanya F.
Syarthiyah Muttashilah dengan Hamliyah
Qias yang muqaddimah I-nya Qaddiyah syartiyah muttashilah dan muqaddimah II nya Qadhiyah hamliyah.Mempunyai empat syakl , sebagai berikut :
Syakl I
Had musytarak menjadi mahmul pada qadhiyah I dan menjadi maudhu’ pada Qadhiyah II.
Contoh :
Jika orang itu pencuri maka ia pasti tidak jujur.
Setiap yang tidak jujur akan ketahuan belangnya.
\     Jika orang itu pencuri maka akan ketahuan belang nya.
Rumus
Jika B maka C
Setiap C akan D
\     Jika B akan D
Syakl II
Had musytarak menjadi mahmul pada qadhiyah I dan menjadi mahmul pada Qadhiyah II.
Contoh :
Jika orang itu dermawan tentu ia disenangi masyarakat
Tidak ada orang pelit di senangi masyarakat
\     Tidak sama sekali orang dermawan itu pelit.
Rumus
Jika B maka C
Tidak ada D itu C
\     Tidak sama sekali B itu D
Syakl III
Had musytarak menjadi maudhu’ pada muqaddamah I dan menjadi maudhu’ pada muqaddimah II.
 Contoh :
Jika sesuatu itu semut maka ia adalah hewan
Setiap semut disenangi burung
\     Jika sesuatu itu semut maka ia di senangi burung .
Rumus
Jika B maka C
Setiap B adalah D
\     Jika C maka D
Syakl IV
Had musytarak menjadi maudhu’ pada muqaddimah I dan menjadi maudhu’ pada muqaddimah II.
Contoh :
Kadang-kadang jika sesuatu itu roti bolu maka ia dapat dijadikan hidangan untuk tamu
Tidak sama sekali roti bolu merupakan ikan
\     Kadang-kadang tidak sama sekali , jika sesuatu iu dapat dijadikan hidangan untuk tamu, maka ia merupakan ikan .
Rumus
Kadang-kadang jika B maka C.
Tidak sama sekali B itu D
\     Kadang-kadang tidak sama sekali jika C maka D
Syarthiyah Munfashilah dengan Hamliyah
Qias yang muqaddimah I nya qaddiyah syartiyah munfashillah dan muqaddimah II  qadhiyah hamliah.
Qias ini mempunyai satu syakl saja
Contoh :
Adakalanya bibit yang ditanam tumbuh, adakalanya tidak.
Setiap yang tumbuh butuh makanan
\     Bibit yang ditanam adakalanya tumbuh ,adakalanya butuh makanan.
Rumus
Adakalanya B adakalanya C
Setiap C akan D
\     Adakalanya B ada kalanya D



KESIMPULAN
ASYKALUL QIYAS
Secara lughawi syakl berarti bentuk, sedangkan secara istilah syakl yaitu bentuk bangunan qiyas yang padanya diletakkan had wasath dalam muqaddimah sughra dan muqaddimah sughra.
Syakal Qiyas dibagi menjadi dua :
Syakl qias iqtirani hamli
Syakl istiqrani hamli yaitu syakl qias ditentukan oleh letak had ausath pada dua muqaddimah , sughra dan qubra .Kadang-kadang ,had ausath menjadi mahmul pada kedua muqaddimah, atau menjadi maudhu’ pada keduanya ,atau menjadi mahmul pada muqaddimah sughra dan menjadi maudhu’ pada muqiddamah kubra, atau menjadi maudhu’ pada muqaddimah sughra dan menjadi mahmul pada muqaddimah kubra.
Baerikut ini tabel tentang pembagian syakl istiqrani hamli :

Syakl I
Syakl II
Syakl III
Syakl IV
Mahmul
Mahmul
Maudhu’
Maudhu’
Maudhu’
Mahmul
Maudhu’
Mahmul

Syakl qias iqtirani syarthi
Qias iqtirani syarthi adalah qias yang tersusun dari dua qadhiyyah sesama syarthiah muttashillah , atau sesama syarthiah munfashilah ataupun antara keduanya dengan hamliyah. Dengan demikian, qias iqtirani syarthi menjadi lima rangkaian qias, sebagai berikut :
1.      Syarthiyah Muttashilah dengan Syarthiyah Muttashilah
2.      Syarthiyah Munfashilah dengan Syarthiyah Munfashillah
3.      Syarthiyah Muttashilah dengan Syarthiyah Munfashilah
4.      Syarthiyah Muttashilah dengan Hamliyah
5.      Syarthiyah Munfashilah dengan Hamliyah

DAFTAR PUSTAKA
A.K,Baihaqi.1996.Ilmu Mantik:Teknik Dasar Berpikir Logik.Darul Ulum Press
Fathurrahman,Dian.1996. Mantik:Kaidah Berpikir Islami .Bandung:Remaja Rosda Karya
Mustofa,Cholil Bisri.1974.Ilmu Mantiq (Terjemahan Assulamul Munauroq). Bandung: Alma’arif











[1] Fathurrahman,Dian, Mantik:Kaidah Berpikir Islami .(Bandung:Remaja Rosda Karya,1996)hal.126

[2] A.K,Baihaqi,.Ilmu Mantik:Teknik Dasar Berpikir Logik,(Darul Ulum Press, 1996).hal.153

1 comment: