Makalah
TELAAH MATERI BAHASA
ARAB KELAS X MA
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas
Mata Kuliah : Telaah
Kurikulum
Dosen Pengampu : Muhammad Jaeni, M.Pd,
M.Ag

Disusun Oleh :
1.Laelatussajaroh 2022112076
2.Naelul Muthohiroh 2022112077
3.Nailis Nurul Madinah 2022112078
4.M. Kharis Amin Qutbi M.M 2022112080
5.Ismi Aini Lathifah 2022112081
Kelas : B
JURUSAN TARBIYAH PBA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGeRI
STAIN PEKALONGAN
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.
PROFIL BUKU
Judul buku :
Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013
Kontributor Naskah :
Masrukin, Devi Apriyanto Nasir
Penelaah :
H.D. Hidayat, Fuad Thahari
Penyelia Penerbitan :
Direktorat Pendidikan Bahasa
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementrian Agama Republik Indonesia
Kota Terbit :
Jakarta
Penerbit :
Kementrian Agama Republik Indonesia
Cetakan :
ke – 1
Tahun Terbit :
2014
B.
SILABUS
BAB I
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama islam.
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat belajar bahasa Arab sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan alam semangat belajar.
|
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jjur dan disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan.
|
1.2.
Menunjukan Perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
antar pribadi dengan guru dan teman.
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, tenologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan.
|
1.3.
Memahami cara menyampaikan serta cara merespon, mengidentifikasi cara
member tahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap terkait toik البيانات الشحصية
mendeskripsikan secara sederhana unsure kebahasaan, dan struktur teks
النكرة والمعزفة بال والضمائر والاضافة بمعنى الام
|
4.
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah kelmuan.
|
1.4. Mensimulasikan dialog sederhana
tentang cara merespon ungkapan, mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang
cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, menyusun teks
lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan terkait topic البيانات الشحصية Dengan
memperhatikan, struktur teks dan unsure budaya secara benar sesuai dengan النكرة والمعزفة بال والضمائر والاضافة بمعنى الام
|
BAB II
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama islam.
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat belajar bahasa Arab sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan alam semangat belajar.
|
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jjur dan disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan.
|
1.2.
Menunjukan Perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
antar pribadi dengan guru dan teman.
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tenologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan.
|
1.3.
Memahami cara menyampaikan serta cara merespon, mengidentifikasi cara
member tahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap terkait toik, المرافق الاعامة فى المدرسة mendeskripsikan secara
sederhana unsure kebahasaan, dan struktur teks المبتد
ا والخبر(صفة)
|
4.
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah kelmuan.
|
1.4. Mensimulasikan dialog sederhana
tentang cara merespon ungkapan, mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang
cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, menyusun teks
lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan terkait topic المرافق الاعامة فى المدرسة Dengan memperhatikan, struktur
teks dan unsure budaya secara benar sesuai dengan المبتد ا والخبر(صفة)
|
BAB II
PEMBAHASAN
MATERI BAB I dan BAB II
Dalam pembahasan
buku ini materi bab I dan bab II bahasa Arab yang akan disampaikan dibagi
kedalam lima bagian, yaitu : istima’, khiwar, tarkib, qiro’ah dan kitabah. Pada
bab I bertema dan bab II
1.
Istima’
Dalam pelajaran istima’ Guru
mengajak siswa mendiskusikan makna yang terdapat dalam mufradat tentang tema (
bab I البيانات الشحصية , bab II :
المرافق الاعامة فى المدرسة) kemudian memerintahkan siswa mencari arti mufradat yang belum diketahui
dalam kamus atau di buku dan memerintahkan siswa menutup buku, kemudian
membacakan mufradat dan siswa menirukan. Guru membacakan mufradat dan siswa
mengartikan makna mufradat yang dibacakan, guru memerintahkan siswa untuk
membaca mufradat dengan tepat beserta maknanya. Pada tadrib atau soal siswa mendengarkan teks bacaan yang di
bacakan oleh guru dengan baik, kemudian siswa diminta untuk menjawab pertanyaan
yang berkaitan dengan teks yang di bacakan.
Contoh :
استمع الى ما يلى!
جاءت السنة الدراسة الجديدة فدهب الطلاب
واطالبات الى المدرسة االثا نوية الاسلامية(),فتقدم كل واحد من الطلا ب الى الامام
ليعارف نفسه الى اصقائهم.
اين ذهب الطالبات في السنة الدرا سة الجديدة ؟
لماذا تقدم
كل واحد من اللطلا ب الى الامام ؟
2.
Khiwar
Dalam pelajaran khiwar ini
siswa diharapkan mampu untuk menerapkan sesuai dengan tema ( bab I tentang البيانات الشحصية
, bab II tentang المرافق الاعامة فى المدرسة )
yang telah ditentukan. Pertama- tama guru memberikan contoh khiwar yang harus
dipelajari disertai dengan artinya ,kemudian murid diminta untuk mendemonstrasikan
ulang khiwar tersebut dengan temannya. Dalam evaluasi guru memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa.
3.
Tarkib
Dalam bab I bentuk tarkib
yang diberikan yaitu mengenai isim nakiroh dan isim ma’rifat. Sedangkan pada
bab II mengenai mubtada dan khabar.
Bab I : isim nakiroh dan isim ma’rifat
-
Isim nakiroh adalah isim yang mnunjukkan ssuatau yang tidah trtntu.
-
Isim ma’rifat adalah isim yang mnunjukkan makna trtntu
Isim ma;rifat trdiri dari 6 macam
1.
Isim yang diawali al
2.
Kata yang mnunjukkan nama
3.
Kata yng disandarkan pada kata lain yang ma’rifat
4.
Kata ganti
5.
Isim isyaroh
6.
Isim maushul
Bab II : Mubada’ khabar ( shifat)
مذكر
|
|
الخبر
|
المبتد
|
مجتهد
|
الفلاح
|
واسع
|
ذلك المسجد
|
مفتوح
|
باب الفصل
|
استاذ
|
احمد(هو)
|
4.
Qiro’ah
Siswa diberikan teks bacaan dengan tema (bab I البيانات الشحصية dan bab II المرافق الاعامة فى المدرسة ) , guru membacaknnya terlebih dahulu
kemudian sisa menirukan. Setelah itu guru menunujuk salah satu murid untuk
kembali membacakannya sesuai dengan makhroj bacaan yang disampaikan guru,
kemudian siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai dengan teks.
5.
Kitabah
Pelajaran kitabah berkaitan
dengan keteramilan siswa dalam manyusun teks tulis yang sesuai dengan tema.
Guru memberikan soal berupa kata acak dan siswa diminta untuk kembali
menyusunnya.
BAB III
ANALISIS
1.
Seleksi Materi
Seleksi materi yang
disajikan dalam buku ini agak sulit terlihat pada bab I dengan tema البيانات الشحصية yang hampir setema dengan perkenalan,
kosa kata yang disajikan adalah kosa kata lain yang tidak terdapat pada tema-tema perkenalan di kelas-kelas atau
tingkatan bawah sebelumnya. Contohnya yaitu terdapat mufrodat-mufrodat baru
seperti بطقاقة,الموظف,التقويم,هاتف akan tetapi
menurut kami hal ini sangat baik untuk siswa agar mereka dapat mengembangkan
pengetahuan kosa kata yang dimiliki.
2.
Gradasi Materi
Pemilihan kosa kata yang
disajikan memiliki gradasi yang baik, mufrodat pertama-tama disajikan dari yang
mudah ke yang sulit. Dari pemberian mufrodat kemudian siswa diberikan sebuah
teks bacaan yang berisi atau yang mencakup mufrodat yang telah disampaikan
sehingga siswa dalam memahami makna tidak terlalu kesulitan.
3.
Repetisi Materi
Jika dilihat sekilas dari
judul di bab I dan bab
II memang tidak terlihat sama sekali adanya keterkaitan, akan tetapi jika
dilihat dari penyampaian mufrodatnya akan terlihat keterkaitannya, dimana
terdapat pengulangan mufrodat yang diberikan seperti kataالمدرسة ,المواظف ,لطالب ,لمدرس
4.
Presentasi Materi
Presentasi atau penyajian
materi yang ditampilkan pada buku ini diawali dari istima’ kemudian khiwar,
tarkib, qiroaah dan kitabah. Pada setiap akhir materi yang diberikan dilakukan
evaluasi berupa soal-soal yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan
dengan tema sebelumnya.
KESIMPULAN
Kurikulum
2013 ini jika dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya sangat berbeda terlihat
dari materi – materi yang ditampilkan lebih menekankan keaktifan siswa
sedangkan guru dalam proses pembelajaran hanya sebagai fasilitator dan
pembimbing.
No comments:
Post a Comment