Tuesday, December 6, 2016

TELAAH MATERI BAHASA ARAB KELAS X MA



Makalah
TELAAH MATERI BAHASA ARAB KELAS X MA
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas
Mata Kuliah : Telaah Kurikulum
Dosen Pengampu : Muhammad Jaeni, M.Pd, M.Ag
Disusun Oleh :
1.Laelatussajaroh                        2022112076
2.Naelul Muthohiroh                  2022112077
3.Nailis Nurul Madinah              2022112078
4.M. Kharis Amin Qutbi M.M   2022112080
5.Ismi Aini Lathifah                    2022112081
Kelas : B
JURUSAN TARBIYAH PBA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGeRI
STAIN PEKALONGAN
2014


BAB I
PENDAHULUAN
A.    PROFIL BUKU
Judul buku                  : Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013
Kontributor Naskah    : Masrukin, Devi Apriyanto Nasir
Penelaah                      : H.D. Hidayat, Fuad Thahari
Penyelia Penerbitan     : Direktorat Pendidikan Bahasa
                                      Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
                                      Kementrian Agama Republik Indonesia
Kota Terbit                  : Jakarta
Penerbit                       : Kementrian Agama Republik Indonesia
Cetakan                       : ke – 1
Tahun Terbit                : 2014
B.     SILABUS
BAB I
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama islam.
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat belajar bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan alam semangat belajar.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jjur dan disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan.
1.2.   Menunjukan Perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tenologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan.
1.3.   Memahami cara menyampaikan serta cara merespon, mengidentifikasi cara member tahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap terkait toik البيانات الشحصية mendeskripsikan secara sederhana unsure kebahasaan, dan struktur teks
النكرة والمعزفة بال والضمائر والاضافة بمعنى الام
4.      Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah kelmuan.
1.4.   Mensimulasikan dialog sederhana tentang cara merespon ungkapan, mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan terkait topic  البيانات الشحصية Dengan memperhatikan, struktur teks dan unsure budaya secara benar sesuai dengan النكرة والمعزفة بال والضمائر والاضافة بمعنى الام


BAB II
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama islam.
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat belajar bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan alam semangat belajar.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jjur dan disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan.
1.2.   Menunjukan Perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tenologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan.
1.3.   Memahami cara menyampaikan serta cara merespon, mengidentifikasi cara member tahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap terkait toik, المرافق الاعامة فى المدرسة mendeskripsikan secara sederhana unsure kebahasaan, dan struktur teks المبتد ا والخبر(صفة)
4.      Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah kelmuan.
1.4.   Mensimulasikan dialog sederhana tentang cara merespon ungkapan, mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan terkait topic المرافق الاعامة فى المدرسة Dengan memperhatikan, struktur teks dan unsure budaya secara benar sesuai dengan المبتد ا والخبر(صفة)

















BAB II
PEMBAHASAN
MATERI BAB I dan BAB II
Dalam pembahasan buku ini materi bab I dan bab II bahasa Arab yang akan disampaikan dibagi kedalam lima bagian, yaitu : istima’, khiwar, tarkib, qiro’ah dan kitabah. Pada bab I bertema     dan bab II 
1.      Istima’
Dalam pelajaran istima’ Guru mengajak siswa mendiskusikan makna yang terdapat dalam mufradat tentang tema ( bab I البيانات الشحصية , bab II : المرافق الاعامة فى المدرسة) kemudian memerintahkan siswa mencari arti mufradat yang belum diketahui dalam kamus atau di buku dan memerintahkan siswa menutup buku, kemudian membacakan mufradat dan siswa menirukan. Guru membacakan mufradat dan siswa mengartikan makna mufradat yang dibacakan, guru memerintahkan siswa untuk membaca mufradat dengan tepat beserta maknanya. Pada tadrib atau soal  siswa mendengarkan teks bacaan yang di bacakan oleh guru dengan baik, kemudian siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks yang di bacakan.
 Contoh :
استمع الى ما يلى!
جاءت السنة الدراسة الجديدة فدهب الطلاب واطالبات الى المدرسة االثا نوية الاسلامية(),فتقدم كل واحد من الطلا ب الى الامام ليعارف نفسه الى اصقائهم. 
اين ذهب الطالبات في السنة الدرا سة الجديدة ؟
لماذا تقدم  كل واحد من اللطلا ب الى الامام ؟

2.      Khiwar
Dalam pelajaran khiwar ini siswa diharapkan mampu untuk menerapkan sesuai dengan tema ( bab I tentang البيانات الشحصية , bab II tentang المرافق الاعامة فى المدرسة  ) yang telah ditentukan. Pertama- tama guru memberikan contoh khiwar yang harus dipelajari disertai dengan artinya ,kemudian murid diminta untuk mendemonstrasikan ulang khiwar tersebut dengan temannya. Dalam evaluasi guru memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa.
3.      Tarkib
Dalam bab I bentuk tarkib yang diberikan yaitu mengenai isim nakiroh dan isim ma’rifat. Sedangkan pada bab II mengenai mubtada dan khabar.
Bab I : isim nakiroh dan isim ma’rifat
-               Isim nakiroh adalah isim yang mnunjukkan ssuatau yang tidah trtntu.
-               Isim ma’rifat adalah isim yang mnunjukkan makna trtntu
Isim ma;rifat trdiri dari 6 macam
1.                  Isim yang diawali al
2.                  Kata yang mnunjukkan nama
3.                  Kata yng disandarkan pada kata lain yang ma’rifat
4.                  Kata ganti
5.                  Isim isyaroh
6.                  Isim maushul
Bab II : Mubada’ khabar ( shifat)
 مذكر
 الخبر
 المبتد
 مجتهد
 الفلاح
 واسع
 ذلك المسجد
 مفتوح
 باب الفصل
 استاذ
 احمد(هو)

4.      Qiro’ah
Siswa diberikan teks bacaan dengan tema (bab I    البيانات الشحصية dan bab II المرافق الاعامة فى المدرسة  ) , guru membacaknnya terlebih dahulu kemudian sisa menirukan. Setelah itu guru menunujuk salah satu murid untuk kembali membacakannya sesuai dengan makhroj bacaan yang disampaikan guru, kemudian siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai dengan teks.
5.      Kitabah
Pelajaran kitabah berkaitan dengan keteramilan siswa dalam manyusun teks tulis yang sesuai dengan tema. Guru memberikan soal berupa kata acak dan siswa diminta untuk kembali menyusunnya.



BAB III
ANALISIS
1.      Seleksi Materi
Seleksi materi yang disajikan dalam buku ini agak sulit terlihat pada bab I dengan tema البيانات الشحصية yang hampir setema dengan perkenalan, kosa kata yang disajikan adalah kosa kata lain yang tidak terdapat  pada tema-tema perkenalan di kelas-kelas atau tingkatan bawah sebelumnya. Contohnya yaitu terdapat mufrodat-mufrodat baru seperti بطقاقة,الموظف,التقويم,هاتف akan tetapi menurut kami hal ini sangat baik untuk siswa agar mereka dapat mengembangkan pengetahuan kosa kata yang dimiliki.
2.      Gradasi Materi
Pemilihan kosa kata yang disajikan memiliki gradasi yang baik, mufrodat pertama-tama disajikan dari yang mudah ke yang sulit. Dari pemberian mufrodat kemudian siswa diberikan sebuah teks bacaan yang berisi atau yang mencakup mufrodat yang telah disampaikan sehingga siswa dalam memahami makna tidak terlalu kesulitan.
3.      Repetisi Materi
Jika dilihat sekilas dari judul di bab I dan bab II memang tidak terlihat sama sekali adanya keterkaitan, akan tetapi jika dilihat dari penyampaian mufrodatnya akan terlihat keterkaitannya, dimana terdapat pengulangan mufrodat yang diberikan seperti kataالمدرسة ,المواظف ,لطالب ,لمدرس
4.      Presentasi Materi
Presentasi atau penyajian materi yang ditampilkan pada buku ini diawali dari istima’ kemudian khiwar, tarkib, qiroaah dan kitabah. Pada setiap akhir materi yang diberikan dilakukan evaluasi berupa soal-soal yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan dengan tema sebelumnya.


KESIMPULAN
            Kurikulum 2013 ini jika dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya sangat berbeda terlihat dari materi – materi yang ditampilkan lebih menekankan keaktifan siswa sedangkan guru dalam proses pembelajaran hanya sebagai fasilitator dan pembimbing.

No comments:

Post a Comment